MAKALAH
SOFTSKILL SYSTEM I/O
(Wii
Remote)
DAFTAR ISI
Daftar
Isi ---------------------------------------------------------------------------
2.
BAB
I Pendahuluan ------------------------------------------------------------- 3.
1.1 Latar Belakang ----------------------------------------------------------- 3.
1.2
Tujuan Penulisan --------------------------------------------------------- 3.
BAB II
Pembahasan ------------------------------------------------------------ 4.
2.1 Wii Remote ---------------------------------------------------------------- 4.
2.2
Perkembangan Wii Remote ------------------------------------------ 5.
2.3
Sumber Daya ------------------------------------------------------------- 6.
2.4
Versi Dan Warna Wii Remote --------------------------------------- 6.
2.5
Layout Dan Tombol Pada Wii Remote ---------------------------- 7.
2.6
Fitur Desain Wii Remote ---------------------------------------------- 8.
2.7
Wii Remote Sebagai Mouse Komputer --------------------------- 9.
2.8
Kelebihan Dan Kekurang Wii Remote ----------------------------11.
BAB
III Penutup ---------------------------------------------------------------- 12.
3.1 Kesimpulan -------------------------------------------------------------- 12.
3.2
Kritik Dan Saran ------------------------------------------------------- 12.
DAFTAR
PUSTAKA --------------------------------------------------------- 13.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
LATAR
BELAKANG
Kepuasan
manusia akan sesuatu sampai kapan pun tidak akan terpuaskan. Begitupun dalam
hal entertainment terutama pada video game console. Yang semakin hari semakin
berkembang teknologinya, mulai dari perangkat mengontrolnya hingga tampilan
grafis yang dibuat sedemikian rupa dengan dunia nyata. Berbagai produsen video
game console berlomba-lomba menawarkan teknologi buatan mereka yang tentunya
saling berbeda. Mungkin kita tidak asing dengan PlayStation dengan berbagai
macam serinya, xbox, sega, Nintendo, gameboy dll. Perangkat-perangkat itu
bekerja membutuhkan system I/O atau control device (alat kontrol). Disini saya
akan membahas salah satu system I/O atau control device tersebut.
1.2. TUJUAN PENULISAN
Makalah
ini ditulis dengan tujuan:
1. Membahas
tentang Wii remote dari Nintendo
2. Tugas
individu proses perkuliahan dengan mata kuliah softskill.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Wii Remote
Gambar 1.1 Wii
Remote
Wii Remote (Wiiリモコン Uī
Rimokon?), yang juga dikenal dengan sebutan
"Wiimote", adalah
pengontrol utama untuk konsol Nintendo Wii.
Fitur utama dari Wii Remote merupakan sensor gerak , yang memungkinkan pengguna
untuk berinteraksi dan memanipulasi benda-benda yang terdapat pada layar
melalui pendeteksi gerak and penunjuk dengan menggunakan teknologi accelerometer dan sensor optik.
Fitur lainnya adalah penggunaan Wii
Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan perangkat tambahan. Perangkat
tambahan yang dibundel dengan konsol Wii adalah Nunchuk, yang melengkapi Wii
Remote dengan menyediakan berbagai fungsi yang serupa dengan yang ada pada
pengendali gamepad. Nintendo menganggap bentuk remote TV
merupakan bentuk yang paling familiar dengan setiap orang, dengan alasan blue
ocean tactic itulah makanya didesatin controllernya berbentuk seperti Remote
TV. Fitur lainnya adalah penggunaan Wii Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan
perangkat tambahan. Perangkat tambahan yang dibundel dengan konsol Wiiadalah Nunchuk, yang melengkapi Wii Remote dengan menyediakan berbagai fungsi
yang serupa dengan yang ada pada pengendali gamepad.
Beberapa perangkat tambahan lainnya termasuk pengendali klasik Wii, WiiZapper, dan Wii Wheel yang semula digunakan untuk Mario Kart.
Johnny Lee telah memperlihatkan video
demo dan contoh kode pada situs
web nya terkait
dengan penggunaan Wii Remote untuk pelacak jari, low-cost multipoint interactive
whiteboards, pelacak kepala untuk menampilkan komputer meja VR. Ini dulunya
merupakan subjek untuk presentasinya pada konferensi TED, di mana dia
mendemonstrasikan beberapa aplikasi tersebut. Forum WiimoteProject menjadi diskusi, dukungan dan situs berbagi
untuk proyeknya Lee Wii Remote dan pengembangan baru lainnya.
Tujuan Penggunaan Wiimote dengan menggunakan “Tracking
finger” (Johnny lee) maka
aplikasi ini dapat digunakan untuk menggerakkan peta, biasanya kontrol ini
dilakukan dengan mouse dan keyboard.
Sehingga dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan informasi yang adapada peta
akan terlihat lebih jelas karena menggunakan 3 Dimensi.
Menggunakan array LED dan beberapa tape reflektif, dapat juga menggunakan
kamera inframerah di Wii remoteuntuk melacak objek,
seperti jari-jari, dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan pengguna berinteraksi
dengan komputer hanya dengan melambaikan tangan di udara. Wiimote dapat melacak hingga 4 poin secara
bersamaan.P erangkat lunak jaringan multipoint adalah C # kustom DirectX program. (Johnny
lee)
Beberapa
perangkat tambahan lainnya termasuk pengendali klasik Wii, Wii Zapper, dan Wii
Wheel yang semual digunakan untuk Mario Kart. Pengontrol ini pertama
diperlihatkan pada acara Tokyo
Game Show Oktober 14, 2005,
dan dengan nama “Wii Remote” diumumkan April 27, 2006. Dan telah menyita banyak
perhatian karena fitur yang unik serta perbedaan antara pengontrol ini dengan
pengontrol game biasa. Pengontrol ini juga mendapat perhatian signifikan dari para peretas yang menggunakannya untuk mengontrol
yang tidak berhubungan dengan perangkat Wii melalui Wii homebrew.
2.2. Perkembangan Wii remote
Pengembangan
dari sebuah pengontrol dengan gerakan dimulai pada tahun 2001, bertepatan
dengan pengembangan konsol Wii. Pada tahun itu, Nintendo melisensikan sejumlah
paten dari Gyration
Inc., sebuah
perusahaan yang memproduksi tetikus dengan sensor gerak nirkabel. Dan pada
akhir tahun 2004 serta awal 2005, Nintendo muncul dengan Wii Remote “berbentuk
tongkat”, dan rancangan perangkat tambahan Nunchuk. Nintendo juga memutuskan
menggunakan sensor gerak, penunjuk inframerah, juga tata letak tombol. Dan pada akhir tahun 2005 pengontrol siap untuk
diproduksi massal. Dalam pengembangan Wii Remote, perancang video game Shigeru
Miyamoto menggunakan ponsel dan pengontrol untuk sistem navigasi
otomotif sebagai inspirasi, yang kemudian membuat prototipe yang mirip sebuah
ponsel.
Wii Remote berisi chip 16 KiB EEPROM dari mana bagian 6 kilobyte bisa bebas dibaca dan ditulis oleh tuan rumah. Bagian dari memori ini tersedia untuk
menyimpan hingga sepuluh avatar
Mii, yang dapat dipindahkan untuk digunakan dengan konsol Wii lain.
Setidaknya 4.000 byte yang tersedia dan digunakan sebelum data Mii. Pokemon Battle Revolution dan Super
Swing Golf juga menggunakan
memori ini. Fungsi ini juga digunakan di Super
Smash Bros Brawl, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data konfigurasi
untuk pengontrol Wii Remote. Monster
Hunter Tri juga menggunakan
fungsi ini dengan memungkinkan pemain untuk menyimpan profil mereka untuk Wii
Remote. Wiimote bisa
digunakan seperti layaknya game controller pad umumnya yaitu dengan
menekan-nekan tombolnya. Ada juga beberapa game yang meminta anda untuk
menggunakan Wiimote secara horizontal layaknya game controller era 80-90an.
2.3. Sumber Daya
Wii Remote menggunakan dua baterai AA sebagai sumber listrik, di mana dapat mengoperasikan Wii
Remote selama 60 jam jika hanya menggunakan fungsi accelerometer dan 25 jam jika menggunakan accelerometer dan fungsi penunjuk. Tempat pengisian
daya resmi Wii Remote tidak ada, tetapi berbagai pihak ketiga produsen pasar
telah memberikan solusi. Wiimote
memiliki teknologi infrared pointer dimana camera infrared yang ada di dalamnya
menangkap sinar infrared yang dipancarkan oleh wii sensor bar.
2.4.
Versi dan Warna
Wii Remote
Wii ada 3 versi, yaitu versi US, Jepang,
dan Eropa, tapi sebenarnya semuanya sama saja. Yang membedakannya adalah output
yang dikeluarkan oleh Wii ke TV kita, kalau versi US dan Jepang outputnya
adalah NTSC sedangkan versi Eropa outputnya PAL. Untuk negara kita sendiri
mengunakan PAL namun pada umumnya TV-TV yang beredar di Indonesia bisa menerima
input NTSC dan PAL jadi tidak masalah mau memilih yang mana. Namun sebagai
bahan timbangan Wii versi Jepang menggunakan bahasa Jepang untuk tampilan
menu-menunya jadinya kalau bapak tidak bisa membaca bahasa Jepang disarankan
memilih versi yang lain. Nintendo juga menyediakan varian warna putih, hitam,
pink.
2.5.
Layout dan Tombol
Pada Wii remote
Gambar
1.2 Layout Wii Remote
Ada
dua belas tombol ditempatkan pada theWiimote, salah satunya adalah tombol
power, yang digunakan untuk mengubah Wiimote menjadi off. Directional pad
merupakan sekumpulan empat tombol, digunakan untuk bergerak ke atas, bawah,
kiri atau kanan. Kegunaan dari tombol minus dan plus adalah untuk memperbesar
atau memperkecil gambar.
Yang
terakhir adalah tombol satu, dua, tombol A dan B, yang paling sering digunakan
untuk melakukan tindakan dalam game seperti melompat, menyerang atau men-trigger suatu peristiwa. Tombol B ditempatkan
di bagian bawah Wiimote sehingga dapat digunakan sebagai pemicu penembakan.
Sensor Infrared
Salah
satu inovasi yang paling menarik dari Wiimote adalah sensor inframerah yang
tertanam. Sensor ini dapat melacak hingga empat sumber cahaya inframerah. Ada
dua metode utama dalam menggunakan sensor IR. Metode normal akan melacak
pergerakan Wiimote berdasarkan pada sumber cahaya IR dengan posisi tetap. Hal
ini akan memerlukan beberapa konversi perhitungan dalam kode, karena sensor
mengukur posisi cahaya relatif terhadap sumber dari Wiimote, sedangkan nilai yang
paling sering dibutuhkan adalah posisi Wiimote yang relatif terhadap sumber cahaya.
Bila menggunakan metode ini, Bar pada sensor Wii dapat digunakan sebagai sumber cahaya
IR. Atau, Wiimote dapat ditempatkan di lokasi
yang tetap memungkinkan pelacakan dari pergerakan hingga empat sumber cahaya
IR. Metode ini bisa disebut metode pelacakan IR terbalik. Metode ini dapat
digunakan untuk membuat misalnya sebuah papan tulis elektronik atau fungsi head-tracking, seperti yang
telah ditunjukkan oleh Johnny Chung Lee.
Motion Sensor
Wiimote ini
memiliki sensor gerak yang memungkinkan permainan untuk menggunakan percepatan
dari Wiimote untuk mengontrol perangkat lunak. Ini memberikan motion sensing
pada tiga sumbu, memungkinkan penggunaan setiap gerakan pengguna sebagai nilai
masukan untuk mempengaruhi animasi atau aplikasi.
Speaker
Wiimote
berisi speaker sederhana untuk memutar audio.
LED
Empat
led digunakan untuk menunjukkan status Wiimote.
Led ini digunakan baik untuk memberikan identifikasi dalam kasus penggunaan
multiple Wiimotes,
serta untuk menunjukkan bahwa Wiimote terhubung ke sebuahhost.
Rumble
Wiimote
mendukung fitur rumble dengan cara motor internal yang dapat
menghasilkan getaran yang dapat digunakan untuk memberikan umpan balik pengguna
yang berlaku pada peristiwa atau tindakan yang terjadi pada aplikasi.
2.6.
Fitur
Desain Wii Remote
Fitur desain lain Wii Remote adalah sebuah
tuas analog dan layar
sentuh, tapi nintendo menolak ide layar sentuh dalam
pengontrol. Berbagai sumber juga mengindikasikan bahwa Wii Remote pada mulanya
lebih dikembangkan sebagai pengontrol untuk Nintendo
GameCube, ketimbang Wii. Pengembang video game Factor 5 menyatakan bahwa dalam pengembangan
dari peluncuran judul Star
Wars Rogue Squadron II: Rogue Leader, memiliki prototipe awal sebuah
pengontrol sensor gerak. Jurnalis
video game Matt Casamassina, dari situs game IGN, menyatakan bahwa ia percaya
bahwa Nintendo telah merencanakan untuk merilis Wii Remote untuk
GameCube." Dia mengira bahwa
Nintendo mungkin ingin merilis Wii Remote dengan sebuah sistem baru, ketimbang
ke GameCube, sebagai revolusi yang ditujukan ke satu kelemahan terbesar
GameCube, yaitu dianggap main-main”.
2.7.
Wii remote Sebagai Mouse Computer
Wii remote pun bisa digunakan sebagai mouse computer. Wiimote atau Wii Remote adalah salah
satu perangkat dari konsol permainan Nintendo Wii yang memiliki kemampuan
deteksi gerak karena dilengkapi teknologi accelerometer dan sensor optik. Yang
banyak diketahui, Wiimote tentu dipakai untuk me mainkan judul permainan dari
Nintendo yang mengeksploitasi gerakan para pemain. Namun, ternyata perangkat
ini juga bisa dimanfaatkan untuk perangkat lain yakni komputer.
Hal
itu terlihat dari salah satu peraga dalam STEI Students Innovation Expo yang
digelar di Auditorium ITB, Senin (9/5/2011). Di salah satu sudut pameran,
terdapat satu unit laptop yang sedang menampilkan permainan Angry Birds yang
jamak ditemui di komputer tablet dengan layar sentuh. Namun, bukannya dimainkan
menggunakan tetikus, ternyata permainan di laptop itu bisa digerakkan
menggunakan Wiimote.
Menurut
Kavin Yudhitia dari STEI-ITB yang memamerkan hasil karyanya, Wiimote memiliki
tekonologi yang sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan selain bermain
saja. Dia hanya butuh penerima infra merah yang bisa dirakit dengan sederhana
untuk menangkap sinyal yang dipancarkan Wiimote dan kemudian mengirimkan lokasi
maupun posisi perangkat melalui bluetooth yang juga ada di dalamnya. Untuk itu,
dia memasang bluetooth adapter di laptopnya sehingga data tersebut diubah
menjadi koordinat kursor tetikus maupun berbagai perintah dari tombol yang
diatur sebelumnya.
Saat Kompas.com menjajalnya,
pengaturannya cukup responsif. Asalkan Wiimote menghadap sensor inframerah yang
masih dirakit seadanya, pergerakannya bisa ditangkap dengan detail oleh
komputer. Dicoba dari jarak jauh, Wiimote tersebut baru bisa dipakai dari jarak
kurang dari lima meter. Kavin menuturkan bahwa kendala jarak masih bisa diakali
dengan menambahkan komponen penguat sehingga daya tangkap sinyal lebih kuat.
Saat
disinggung mengenai harganya, Kavin menuturkan bahwa perangkat Wiimote
tergolong murah dengan seabrek teknologi di dalamnya. Di pasaran, harga jual
Wiimote bisa mencapai Rp 200.000. Tentulah jauh lebih murah ketimbang harus
memproduksi sendiri.
Soal
aplikasi di masa mendatang, Kavin baru mengungkapkan bahwa penggunaan tersebut
baru sebatas tampil keren dalam sebuah presentasi. "Ketimbang
menggunakan slidepresentasi, bukankah lebih baik tampil bergaya
dengan gerakan tangan untuk mengganti halaman," ujarnya dengan nada
bercanda.
Namun,
Kavin punya cita-cita di masa depan yakni menggunakan ilmu tersebut bila nanti
seluruh rumah sudah terkomputerisasi. Dengan satu pengendali, sang pemilik
rumah tinggal duduk di ruang tamu dan dengan kibasan tangan saja bisa
menyalakan lampu, menutup jendela, dan aktivitas lain yang saat ini mungkin
belum bisa dibayangkan.
2.8.
Kelebihan Dan Kekurangan Wii remote
Banyak orang yang
meremehkan WII hanya karena grafiknya dan prosesornya kalah dengan PS3 dan
Xbox360 dan mengatakan kalau game2 yang ada di WII hanya untuk anak2 dan
permainan family.
Dan tentunya mereka salah.
Dan tentunya mereka salah.
Beberapa contoh :
- Zelda series cukup susah dan kompleks dan sangat bagus untuk dianggap mainan anak2.
- No More Heroes dan Madworld tentunya jauh dari category game anak2 dengan sekian banyak kekerasan dan darah disana.
- Punch out WII (terbaik dari seluruh series punch out) tentunya juga bukan mainan anak2 karena walaupun gambarnya sangat kartunis tetapi tingkat kesulitannya sudah sangat tinggi.
Apakah Wii bisa tergeser posisinya dan bahkan ditinggalkan orang?
Mari kita lihat :
1. Wii punya banyak yang sudah terbukti bagus dan diakui bagus pake wiimote (score dalam kurung dari gamespot) : boom blox bash party (8.5), wii sports resort (8), no more heroes (9) dan no more heroes 2 (8.5), dan lain2.
2. Wiimote merupakan alat utama di WII. Melihat dari fakta ini, game2 yang dirilis untuk WII dengan menggunakan Wiimote tentunya lebih banyak dibanding game2 untuk device lain seperti PlayStationMove. Tapi kembali lagi, ini harus dilihat beberapa bulan lagi setelah developer2 mengeluarkan game2 yang lebih bagus daripada game2 yang sekarang ada untuk Move.
3. Masalah baterai, baterai rechargeable dipermasalahkan. Baterai AA sangat murah, dan hanya perlu ganti baterai AA setiap 2 minggu s/d sebulan sekali. Dengan 2 baterai AA yang dibutuhkan, sekali ganti hanya sekitar 6000 rupiah. Benar2 gak berasa kalau ganti tiap 2 minggu atau sebulan sekali. Dan kalau memang mau pakai rechargeable battery tentunya tinggal beli rechargeable battery untuk dipakai di Wiimote.
4. Cuma satu game WII yang kalu wiimote-nya nunjuk keluar layar disuruh ke tengah-in layar lagi, dan game itu adalah Call of Duty, dan game-nya tidak ter-pause sama sekali. Sedangkan game2 lain seperti House of the Dead 2&3, House of the Dead Overkill, Sin & punishment 2, Ghost Squad, dan lain2, tidak ada masalah sama sekali dengan wiimote nunjuk keluar layar. Malahan di House of The Dead, untuk reload, kita memang harus menembak keluar layar.
Dan untuk yang screen muter2 (spinning), itu mungkin reviewer-nya aja yang gak bisa main.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Wiimote bisa
merasakan kedalaman, hanya saja dengan Wii MotionPlus, semua-nya lebih
di-enhance lagi sehingga setiap gerakan Wiimote ditangkap dengan lebih smooth
di layar.
Nintendo sebagai console terbaik dalam motion control, dan Wiimote masih sebagai control terbaik, dan pemilik WII tidak usah takut bahwa WII akan mati. karena grafik WII sudah kalah dengan PS3 dan Xbox360.
3.2. Kritik Dan
Saran
Saya menerima segala
bentuk kritik dan saran dari pembaca makalah ini dengan tujuan kebaikan untuk
makalah yg saya buat ini
DAFTAR PUSTAKA
Nama: Eko Prambudi
NPM: 22112434
Keals: 2KB01
NPM: 22112434
Keals: 2KB01
0 Comments:
Post a Comment