April 10, 2014

Tugas Interaksi Manusia dan Komputer - System I/O Device (Wii Remote)


MAKALAH SOFTSKILL SYSTEM I/O
(Wii Remote)








DAFTAR ISI                                                          

Daftar Isi --------------------------------------------------------------------------- 2.

BAB I Pendahuluan ------------------------------------------------------------- 3.

1.1 Latar Belakang ----------------------------------------------------------- 3.
1.2 Tujuan Penulisan --------------------------------------------------------- 3.

BAB II Pembahasan ------------------------------------------------------------ 4.

2.1 Wii Remote ---------------------------------------------------------------- 4.
2.2 Perkembangan Wii Remote ------------------------------------------ 5.
2.3 Sumber Daya ------------------------------------------------------------- 6.
2.4 Versi Dan Warna Wii Remote --------------------------------------- 6.
2.5 Layout Dan Tombol Pada Wii Remote ---------------------------- 7.
2.6 Fitur Desain Wii Remote ---------------------------------------------- 8.
2.7 Wii Remote Sebagai Mouse Komputer --------------------------- 9.
2.8 Kelebihan Dan Kekurang Wii Remote ----------------------------11.

BAB III Penutup ---------------------------------------------------------------- 12.

3.1 Kesimpulan -------------------------------------------------------------- 12.
3.2 Kritik Dan Saran ------------------------------------------------------- 12.

DAFTAR PUSTAKA --------------------------------------------------------- 13.


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.      LATAR BELAKANG

Kepuasan manusia akan sesuatu sampai kapan pun tidak akan terpuaskan. Begitupun dalam hal entertainment terutama pada video game console. Yang semakin hari semakin berkembang teknologinya, mulai dari perangkat mengontrolnya hingga tampilan grafis yang dibuat sedemikian rupa dengan dunia nyata. Berbagai produsen video game console berlomba-lomba menawarkan teknologi buatan mereka yang tentunya saling berbeda. Mungkin kita tidak asing dengan PlayStation dengan berbagai macam serinya, xbox, sega, Nintendo, gameboy dll. Perangkat-perangkat itu bekerja membutuhkan system I/O atau control device (alat kontrol). Disini saya akan membahas salah satu system I/O atau control device tersebut.

1.2. TUJUAN PENULISAN

Makalah ini ditulis dengan tujuan:

1.    Membahas tentang Wii remote dari Nintendo
2.    Tugas individu proses perkuliahan dengan mata kuliah softskill.




BAB II
PEMBAHASAN



2.1.      Wii Remote
                        


Gambar 1.1 Wii Remote


Wii Remote (Wiiリモコン UÄ« Rimokon?), yang juga dikenal dengan sebutan "Wiimote", adalah pengontrol utama untuk konsol Nintendo Wii. Fitur utama dari Wii Remote merupakan sensor gerak , yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan memanipulasi benda-benda yang terdapat pada layar melalui pendeteksi gerak and penunjuk dengan menggunakan teknologi accelerometer dan sensor optik.
Fitur lainnya adalah penggunaan Wii Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan perangkat tambahan. Perangkat tambahan yang dibundel dengan konsol Wii adalah Nunchuk, yang melengkapi Wii Remote dengan menyediakan berbagai fungsi yang serupa dengan yang ada pada pengendali gamepad. Nintendo menganggap bentuk remote TV merupakan bentuk yang paling familiar dengan setiap orang, dengan alasan blue ocean tactic itulah makanya didesatin controllernya berbentuk seperti Remote TV. Fitur lainnya adalah penggunaan Wii Remote dapat dikembangkan melalui penggunaan perangkat tambahan. Perangkat tambahan yang dibundel dengan konsol Wiiadalah Nunchuk, yang melengkapi Wii Remote dengan menyediakan berbagai fungsi yang serupa dengan yang ada pada pengendali gamepad. Beberapa perangkat tambahan lainnya termasuk pengendali klasik Wii, WiiZapper, dan Wii Wheel yang semula digunakan untuk Mario Kart.
Johnny Lee telah memperlihatkan video demo dan contoh kode pada situs web nya terkait dengan penggunaan Wii Remote untuk pelacak jari, low-cost multipoint interactive whiteboards, pelacak kepala untuk menampilkan komputer meja VR. Ini dulunya merupakan subjek untuk presentasinya pada konferensi TED, di mana dia mendemonstrasikan beberapa aplikasi tersebut. Forum WiimoteProject menjadi diskusi, dukungan dan situs berbagi untuk proyeknya Lee Wii Remote dan pengembangan baru lainnya.

Tujuan Penggunaan Wiimote dengan menggunakan “Tracking finger” (Johnny lee) maka aplikasi ini dapat digunakan untuk menggerakkan peta, biasanya kontrol ini dilakukan dengan mouse dan keyboard. Sehingga dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan informasi yang adapada peta akan terlihat lebih jelas karena menggunakan 3 Dimensi.

Menggunakan array LED dan beberapa tape reflektif, dapat juga menggunakan kamera inframerah di Wii remoteuntuk melacak objek, seperti jari-jari, dalam ruang 3D. Hal ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer hanya dengan melambaikan tangan di udara. Wiimote dapat melacak hingga 4 poin secara bersamaan.P erangkat lunak jaringan multipoint adalah C # kustom DirectX program. (Johnny lee)
Beberapa perangkat tambahan lainnya termasuk pengendali klasik Wii, Wii Zapper, dan Wii Wheel yang semual digunakan untuk Mario Kart. Pengontrol ini pertama diperlihatkan pada acara Tokyo Game Show Oktober 14, 2005, dan dengan nama “Wii Remote” diumumkan April 27, 2006. Dan telah menyita banyak perhatian karena fitur yang unik serta perbedaan antara pengontrol ini dengan pengontrol game biasa. Pengontrol ini juga mendapat perhatian signifikan dari para peretas yang menggunakannya untuk mengontrol yang tidak berhubungan dengan perangkat Wii melalui Wii homebrew.

2.2.       Perkembangan Wii remote
Pengembangan dari sebuah pengontrol dengan gerakan dimulai pada tahun 2001, bertepatan dengan pengembangan konsol Wii. Pada tahun itu, Nintendo melisensikan sejumlah paten dari Gyration Inc., sebuah perusahaan yang memproduksi tetikus dengan sensor gerak nirkabel. Dan pada akhir tahun 2004 serta awal 2005, Nintendo muncul dengan Wii Remote “berbentuk tongkat”, dan rancangan perangkat tambahan Nunchuk. Nintendo juga memutuskan menggunakan sensor gerak, penunjuk inframerah, juga tata letak tombol. Dan  pada akhir tahun 2005 pengontrol siap untuk diproduksi massal. Dalam pengembangan Wii Remote, perancang video game Shigeru Miyamoto menggunakan ponsel dan pengontrol untuk sistem navigasi otomotif sebagai inspirasi, yang kemudian membuat prototipe yang mirip sebuah ponsel.



Wii Remote berisi chip 16 KiB EEPROM dari mana bagian 6 kilobyte bisa bebas dibaca dan ditulis oleh tuan rumah. Bagian dari memori ini tersedia untuk menyimpan hingga sepuluh avatar Mii, yang dapat dipindahkan untuk digunakan dengan konsol Wii lain. Setidaknya 4.000 byte yang tersedia dan digunakan sebelum data Mii. Pokemon Battle Revolution dan Super Swing Golf juga menggunakan memori ini. Fungsi ini juga digunakan di Super Smash Bros Brawl, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data konfigurasi untuk pengontrol Wii Remote. Monster Hunter Tri juga menggunakan fungsi ini dengan memungkinkan pemain untuk menyimpan profil mereka untuk Wii Remote. Wiimote bisa digunakan seperti layaknya game controller pad umumnya yaitu dengan menekan-nekan tombolnya. Ada juga beberapa game yang meminta anda untuk menggunakan Wiimote secara horizontal layaknya game controller era 80-90an.

2.3.       Sumber Daya
Wii Remote menggunakan dua baterai AA sebagai sumber listrik, di mana dapat mengoperasikan Wii Remote selama 60 jam jika hanya menggunakan fungsi accelerometer dan 25 jam jika menggunakan accelerometer dan fungsi penunjuk. Tempat pengisian daya resmi Wii Remote tidak ada, tetapi berbagai pihak ketiga produsen pasar telah memberikan solusi. Wiimote memiliki teknologi infrared pointer dimana camera infrared yang ada di dalamnya menangkap sinar infrared yang dipancarkan oleh wii sensor bar.

2.4.       Versi dan Warna Wii Remote
Wii ada 3 versi, yaitu versi US, Jepang, dan Eropa, tapi sebenarnya semuanya sama saja. Yang membedakannya adalah output yang dikeluarkan oleh Wii ke TV kita, kalau versi US dan Jepang outputnya adalah NTSC sedangkan versi Eropa outputnya PAL. Untuk negara kita sendiri mengunakan PAL namun pada umumnya TV-TV yang beredar di Indonesia bisa menerima input NTSC dan PAL jadi tidak masalah mau memilih yang mana. Namun sebagai bahan timbangan Wii versi Jepang menggunakan bahasa Jepang untuk tampilan menu-menunya jadinya kalau bapak tidak bisa membaca bahasa Jepang disarankan memilih versi yang lain. Nintendo juga menyediakan varian warna putih, hitam, pink.



2.5.       Layout dan Tombol Pada Wii remote

Gambar 1.2 Layout Wii Remote
Ada dua belas tombol ditempatkan pada theWiimote, salah satunya adalah tombol power, yang digunakan untuk mengubah Wiimote menjadi off. Directional pad merupakan sekumpulan empat tombol, digunakan untuk bergerak ke atas, bawah, kiri atau kanan. Kegunaan dari tombol minus dan plus adalah untuk memperbesar atau memperkecil gambar.
Yang terakhir adalah tombol satu, dua, tombol A dan B, yang paling sering digunakan untuk melakukan tindakan dalam game seperti melompat, menyerang atau men-trigger suatu peristiwa. Tombol B ditempatkan di bagian bawah Wiimote sehingga dapat digunakan sebagai pemicu penembakan.
Sensor Infrared
Salah satu inovasi yang paling menarik dari Wiimote adalah sensor inframerah yang tertanam. Sensor ini dapat melacak hingga empat sumber cahaya inframerah. Ada dua metode utama dalam menggunakan sensor IR. Metode normal akan melacak pergerakan Wiimote berdasarkan pada sumber cahaya IR dengan posisi tetap. Hal ini akan memerlukan beberapa konversi perhitungan dalam kode, karena sensor mengukur posisi cahaya relatif terhadap sumber  dari Wiimote, sedangkan nilai yang paling sering dibutuhkan adalah posisi Wiimote yang relatif terhadap sumber cahaya. Bila menggunakan metode ini, Bar pada sensor Wii dapat digunakan sebagai sumber cahaya IR. Atau, Wiimote  dapat ditempatkan di lokasi yang tetap memungkinkan pelacakan dari pergerakan hingga empat sumber cahaya IR. Metode ini bisa disebut metode pelacakan IR terbalik. Metode ini dapat digunakan untuk membuat misalnya sebuah papan tulis elektronik atau fungsi head-tracking, seperti yang telah ditunjukkan oleh Johnny Chung Lee.



Motion Sensor
Wiimote ini memiliki sensor gerak yang memungkinkan permainan untuk menggunakan percepatan dari Wiimote untuk mengontrol perangkat lunak. Ini memberikan motion sensing pada tiga sumbu, memungkinkan penggunaan setiap gerakan pengguna sebagai nilai masukan untuk mempengaruhi animasi atau aplikasi.
Speaker
Wiimote berisi speaker sederhana untuk memutar audio.
LED
Empat led digunakan untuk menunjukkan status Wiimote. Led ini digunakan baik untuk memberikan identifikasi dalam kasus penggunaan  multiple Wiimotes, serta untuk menunjukkan bahwa Wiimote terhubung ke sebuahhost.
Rumble
Wiimote mendukung fitur rumble dengan cara motor internal yang dapat menghasilkan getaran yang dapat digunakan untuk memberikan umpan balik pengguna yang berlaku pada peristiwa atau tindakan  yang terjadi pada aplikasi.
2.6.      Fitur Desain Wii Remote
Fitur desain lain Wii Remote adalah sebuah tuas analog dan layar sentuh, tapi nintendo menolak ide layar sentuh dalam pengontrol. Berbagai sumber juga mengindikasikan bahwa Wii Remote pada mulanya lebih dikembangkan sebagai pengontrol untuk Nintendo GameCube, ketimbang Wii. Pengembang video game Factor 5 menyatakan bahwa dalam pengembangan dari peluncuran judul Star Wars Rogue Squadron II: Rogue Leader, memiliki prototipe awal sebuah pengontrol sensor gerak. Jurnalis video game Matt Casamassina, dari situs game IGN, menyatakan bahwa ia percaya bahwa Nintendo telah merencanakan untuk merilis Wii Remote untuk GameCube."  Dia mengira bahwa Nintendo mungkin ingin merilis Wii Remote dengan sebuah sistem baru, ketimbang ke GameCube, sebagai revolusi yang ditujukan ke satu kelemahan terbesar GameCube, yaitu dianggap main-main”.




2.7.       Wii remote Sebagai Mouse Computer
Wii remote pun bisa digunakan sebagai mouse computer. Wiimote atau Wii Remote adalah salah satu perangkat dari konsol permainan Nintendo Wii yang memiliki kemampuan deteksi gerak karena dilengkapi teknologi accelerometer dan sensor optik. Yang banyak diketahui, Wiimote tentu dipakai untuk me mainkan judul permainan dari Nintendo yang mengeksploitasi gerakan para pemain. Namun, ternyata perangkat ini juga bisa dimanfaatkan untuk perangkat lain yakni komputer.
Hal itu terlihat dari salah satu peraga dalam STEI Students Innovation Expo yang digelar di Auditorium ITB, Senin (9/5/2011). Di salah satu sudut pameran, terdapat satu unit laptop yang sedang menampilkan permainan Angry Birds yang jamak ditemui di komputer tablet dengan layar sentuh. Namun, bukannya dimainkan menggunakan tetikus, ternyata permainan di laptop itu bisa digerakkan menggunakan Wiimote.
Menurut Kavin Yudhitia dari STEI-ITB yang memamerkan hasil karyanya, Wiimote memiliki tekonologi yang sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan selain bermain saja. Dia hanya butuh penerima infra merah yang bisa dirakit dengan sederhana untuk menangkap sinyal yang dipancarkan Wiimote dan kemudian mengirimkan lokasi maupun posisi perangkat melalui bluetooth yang juga ada di dalamnya. Untuk itu, dia memasang bluetooth adapter di laptopnya sehingga data tersebut diubah menjadi koordinat kursor tetikus maupun berbagai perintah dari tombol yang diatur sebelumnya.
Saat Kompas.com menjajalnya, pengaturannya cukup responsif. Asalkan Wiimote menghadap sensor inframerah yang masih dirakit seadanya, pergerakannya bisa ditangkap dengan detail oleh komputer. Dicoba dari jarak jauh, Wiimote tersebut baru bisa dipakai dari jarak kurang dari lima meter. Kavin menuturkan bahwa kendala jarak masih bisa diakali dengan menambahkan komponen penguat sehingga daya tangkap sinyal lebih kuat.
Saat disinggung mengenai harganya, Kavin menuturkan bahwa perangkat Wiimote tergolong murah dengan seabrek teknologi di dalamnya. Di pasaran, harga jual Wiimote bisa mencapai Rp 200.000. Tentulah jauh lebih murah ketimbang harus memproduksi sendiri.  
Soal aplikasi di masa mendatang, Kavin baru mengungkapkan bahwa penggunaan tersebut baru sebatas tampil keren dalam sebuah presentasi. "Ketimbang menggunakan slidepresentasi, bukankah lebih baik tampil bergaya dengan gerakan tangan untuk mengganti halaman," ujarnya dengan nada bercanda.  
Namun, Kavin punya cita-cita di masa depan yakni menggunakan ilmu tersebut bila nanti seluruh rumah sudah terkomputerisasi. Dengan satu pengendali, sang pemilik rumah tinggal duduk di ruang tamu dan dengan kibasan tangan saja bisa menyalakan lampu, menutup jendela, dan aktivitas lain yang saat ini mungkin belum bisa dibayangkan.



2.8.       Kelebihan Dan Kekurangan Wii remote
Banyak orang yang meremehkan WII hanya karena grafiknya dan prosesornya kalah dengan PS3 dan Xbox360 dan mengatakan kalau game2 yang ada di WII hanya untuk anak2 dan permainan family.
Dan tentunya mereka salah. 

Beberapa contoh :
- Zelda series cukup susah dan kompleks dan sangat bagus untuk dianggap mainan anak2.
- No More Heroes dan Madworld tentunya jauh dari category game anak2 dengan sekian banyak kekerasan dan darah disana.
- Punch out WII (terbaik dari seluruh series punch out) tentunya juga bukan mainan anak2 karena walaupun gambarnya sangat kartunis tetapi tingkat kesulitannya sudah sangat tinggi.

Apakah Wii bisa tergeser posisinya dan bahkan ditinggalkan orang?
Mari kita lihat :
1. Wii punya banyak yang sudah terbukti bagus dan diakui bagus pake wiimote (score dalam kurung dari gamespot) : boom blox bash party (8.5), wii sports resort (8), no more heroes (9) dan no more heroes 2 (8.5), dan lain2.

2. Wiimote merupakan alat utama di WII. Melihat dari fakta ini, game2 yang dirilis untuk WII dengan menggunakan Wiimote tentunya lebih banyak dibanding game2 untuk device lain seperti PlayStationMove. Tapi kembali lagi, ini harus dilihat beberapa bulan lagi setelah developer2 mengeluarkan game2 yang lebih bagus daripada game2 yang sekarang ada untuk Move.

3. Masalah baterai, baterai rechargeable dipermasalahkan. Baterai AA sangat murah, dan hanya perlu ganti baterai AA setiap 2 minggu s/d sebulan sekali. Dengan 2 baterai AA yang dibutuhkan, sekali ganti hanya sekitar 6000 rupiah. Benar2 gak berasa kalau ganti tiap 2 minggu atau sebulan sekali. Dan kalau memang mau pakai rechargeable battery tentunya tinggal beli rechargeable battery untuk dipakai di Wiimote.

4. Cuma satu game WII yang kalu wiimote-nya nunjuk keluar layar disuruh ke tengah-in layar lagi, dan game itu adalah Call of Duty, dan game-nya tidak ter-pause sama sekali. Sedangkan game2 lain seperti House of the Dead 2&3, House of the Dead Overkill, Sin & punishment 2, Ghost Squad, dan lain2, tidak ada masalah sama sekali dengan wiimote nunjuk keluar layar. Malahan di House of The Dead, untuk reload, kita memang harus menembak keluar layar.
Dan untuk yang screen muter2 (spinning), itu mungkin reviewer-nya aja yang gak bisa main.



BAB III
PENUTUP


3.1.     Kesimpulan

Wiimote bisa merasakan kedalaman, hanya saja dengan Wii MotionPlus, semua-nya lebih di-enhance lagi sehingga setiap gerakan Wiimote ditangkap dengan lebih smooth di layar.

Nintendo sebagai console terbaik dalam motion control, dan Wiimote masih sebagai control terbaik, dan pemilik WII tidak usah takut bahwa WII akan mati. karena grafik WII sudah kalah dengan PS3 dan Xbox360.


3.2.     Kritik Dan Saran
Saya menerima segala bentuk kritik dan saran dari pembaca makalah ini dengan tujuan kebaikan untuk makalah yg saya buat ini



DAFTAR PUSTAKA

Nama: Eko Prambudi
NPM: 22112434
Keals: 2KB01

0 Comments:

Post a Comment